Thursday, January 24, 2013

Cut Nyak Manyak Keumala Putrie

Cut Nyak Manyak Keumala Putri adalah seorang pengarang yang produktif dengan sajak-sajaknya yang memberi semangat untuk mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Sajak-sajak perjuangannya terkumpul dalam kumpulan sajak Indonesia. Pengarang yang pernah menerima penghargaan tanda kehormatan Bintang Mahaputera RI ini lahir di Kutaraja (Banda Aceh) pada tanggal 5 Mei 1926. Ayahnya bernama Teuku Ali Basjah, seorang Oeleebalang (kepala pemerintah otonom), Pekan Bada, Aceh Besar sedangkan ibunya bernama Cut Nyak Zainab atau Cut Nyak Leumik.

Menginjak usia dewasa, tepatnya pada tanggal 9 September 1941, Cut Nyak Manyak Keumala Putri dinikahi oleh Teuku Hamid Azwar - putra dari Teuku Ampon Tjhik Mohammad Ali Basjah, Oeleebalang Samalanga, Aceh Utara.

Pernikahannya dengan Teuku hamid Azwar dikaruniai lima orang buah hati, yakni Teuku Syarul Azwar (menikah dengan Renni Wijayanti binti Sujono), Cut Haslinda (menikah dengan Drs. Teuku Syahrul bin Teuku Syamsuddin Muda Dalam), Cut Hilda Azwar (almarhum), Teuku Syaiful, dan Teuku Verdi.

Tulisan Cut Nyak Manyak Keumala Putri banyak memberi semangat para pejuang terutama suaminya ketika mempertahankan kemerdekaan republik Indonesia.

Cut Nyak Manyak Keumala Putri wafat di rumah sakit Medistra, Jakarta tanggal 22 Januari 2004 dan dimakamkan di taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta.

Referensi :
  • Syahrul, Pocut Haslinda. 2008. Perempuan Aceh Dalam Lintas Sejarah Abad VIII-XXI. Pelita Hidup insani. Jakarta.

No comments:

Post a Comment